Aquascape Pemula

Gambar terkait


 


Assalammuallaikum,

                Saya akan membagi pengalaman  tentang bagaimana saya awal kali membuat aquascape dan saya akan memberi tips untuk yang baru mengenal aquascape.

                Apa sih itu aquascape..??

                Menurut saya aquascape itu adalah seni dimana kita membentuk suatu alam yang seperti aslinya dengan tumbuhan asli, yang berarti tumbuhan yang kita gunakan asli juga, dengan menciptakan ekosistem hidup yang ada di aquarium, anda pasti tau ekosistem yang berjalan dengan baik yang  ada di bumi ini, karena di SD kita sudah pelajari itu.
Gambar terkait 


                Jadi begini, ni agak curhat ya, dulu saya berpikir membuat aquascape itu gampang, ternyata semua itu salah. Yang pertama kali saya buat aquascape itu, mmm tah la saya pun gak tau apa tema yang saya buat, setelah jadi, saya berpikir, apa yang saya buat..?? jawabannya hanya aquascape, tapi tema tidak tau.

Nah maksud curhatan saya tadi untuk mengingat yang baru saja mulai mengenal aquascape, dan saya akan memberi beberapa tips untuk anda yang baru. Jadi tips ini berguna untuk anda yang baru mengenal aquascape, agar anda tidak membuang uang itu dengan percuma.

  •      Banyak la membaca artikel yang berbau aquascape, atau tanya yang pengalaman dalam bidangnya aquascape, kenapa saya sarankan seperti itu..?? karena setiap daerah pasti beda pendapat, karena mereka berbeda aquarium, suhu di daerah mereka masing-masing, air juga sangat mempengaruhi dan setiap daerah juga berbeda.
  •      Untuk membangun sebuah ekosistem harus la sabar, yang kita buat itu semua yang kita gunakan memang tumbuhan hidup dan tidak ada yang instan, semua butuh proses.
  •      Persiapkan la uang, lihat lagi artikel dan tanya yang sudah master dalam bidangnya, karena aquascape yang anda bangun akan berbeda-beda ukuran aquarium dan tentunya setiap daerah pasti juga beda harga.
  •      tentukan tema yang anda ingin buat, jangan asal aja, entar anda capek dan nyesal. tanya kepada masternya. di daerah tempat saya tidak ada..?? gabung di jejaring sosial dengan group yang berbau aquascape.
  •      Pikirkan matang-matang ukuran aquascape yang ingin dibuat, saran saya untuk ukuran aquascape yang baru mulai, jangan besar-besar. tapi saya ada aquarium yang tidak digunakan tapi ukuran besar, kan sayang gak dipakai. Kalau mau pakai ya pakai asal uangnya tahan.
  •      Malas mikir, atau banyak kerjaan, jadi gak sempat untuk buatnya tapi kepingin ingin punya aquascape. Datang aja ke ke toko aquascape di daerah anda masing-masing, minta buatkan aquascape dan nego harga.

Nah diatas sudah saya berikan curhatan saya dan beberapa tips menurut pengalaman pribadi saya yang memang  sudah saya alami sendiri. Nah dibawah ada lagi saya akan menampilkan beberapa tema aquascape, agar anda mendapatkan ide atau imajinasi.

>. Tema Iwagumi
Hasil gambar untuk aquascape iwagumi 
 Hasil gambar untuk aquascape iwagumi  

>. Natural
Hasil gambar untuk aquascape natural 
Hasil gambar untuk aquascape natural 

>.dutch style
Hasil gambar untuk aquascape dutch style 
Hasil gambar untuk aquascape dutch style 
sumber gambar google

“JANGAN PERNAH MALU BERTANYA, MALU BERTANYA TERSESAT DI JALAN”

Sekian,

wasallam.

2 Responses to "Aquascape Pemula"