Laporan Pkl Bab 1 dan 5



BAB  I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang Kegiatan
        Perkembangan teknologi informasi saat ini mengalami perkembangan yang sangat luar biasa baik di semua bidang. Oleh sebab itu teknologi informasilah yang menjadi sumber penting bagi kehidupan manusia pada saat sekarang ini, baik di berbagai bidang yang ada. tidak lepas dari adanya teknologi-teknologi penunjangnya informasi tersebut membuat perkembangan dibidang teknologi informasi berjalan sangat menonjol di kehidupan manusia sekarang ini. Dengan adanya teknologi informasi dalam kehidupan manusia, dapat membantu untuk mendapatkan informasi  yang akurat dan cepat tanpa memerlukan banyak tenaga serta dapat menghemat waktu.
         Pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin sistem informasi merupakan salah satu penunjang kinerja pada sistem yang sedang berjalan. Pada perusahaan ini, sistem yang sedang berjalan pada bagian produksi mutu pengiriman CPO (Crude Palm Oil). masih menggunakan sistem manual. Contohnya dalam pembuatan laporan, baik laporan mutu pengiriman CPO masih manual dengan data-data yang berasal dari kumpulan faktur-faktur, pembuatan laporan seperti ini sering menimbulkan kesalahan dalam pembuatan laporan dan keterlambatan penyampaian laporan kepada pimpinan. Disini penulis akan menggunakan program VB. Net untuk membuat suatu sistem yang memudahkan perusahaan dalam melakukan pembuatan laporan mutu pengiriman CPO.
        Berdasarkan uraian diatas pada laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini penulis mengangkat sebuah judul: SISTEM INFORMASI STANDARISASI MUTU PENGIRIMAN CPO (CRUDE PALM OIL) MENGGUANAKAN VB. Net PADA PT. DEWA RENCANA PERANGIN-ANGIN DI RAJA TENGAH”.

1.2     Ruang Lingkup
        Untuk menghindari kesimpang siuran pemahaman, dan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh penulis maka dalam laporan ini penulis hanya membahas tentang standarisasi mutu pengiriman CPO (Crude Palm Oil) yang ada pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin.
1.3   Rumusan Masalah
        Adapun rumusan masalah yang didapat penulis selama melakukan penelitian adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana mengoptimalkan standarisasi mutu pengiriman CPO (Crude Palm Oil) pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin ?
2.      Apakah penerapan sistem pengolahan CPO (Crude Palm Oil) pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin mampu melancarkan proses produksi ?
1.4     Tujuan
        Tujuan dari sistem informasi standarisasi mutu pengiriman (Crude Palm Oil) pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin adalah:
1.          Untuk mengetahui apakah penerapan sistem informasi mutu pengriman CPO dapat mengoptimalkan pengiriman pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin.
2.      Untuk mempelancar proses pengiriman pada PT. Dewa Rencana Perangin angin.
1.5   Manfaat
        Manfaat Praktek Kerja Lapangan dalam sistem informasi standarisasi mutu pengiriman (Crude Palm Oil) pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin ini adalah:
1.      Agar memudahkan dan mempercepat proses mutu pengiriman CPO.
2.   Agar dapat meningkatkan pendaya gunakan SDM dalam meningkatkan efesiensi kerja pera karyawan.
3.      Sebagai bahan masukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi yang membutuhkan.
1.6    Metode Pengumpulan Data
        Beberapa metode penelitian yang dilakukan guna mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam sistem informasi standarisasi mutu pengiriman (Crude Palm Oil) pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin ini adalah:
1.      Pengamatan (Observation)
Mengadakan pengamatan secara langsung terhadap hal-hal yang berhubungan dengan sistem informasi standarisasi mutu pengiriman (Crude Palm Oil) pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin
2.      Wawancara (Interview)
Suatu cara pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari sumbernya. Dalam penelitian ini penulisan melakukan kegiatan wawancara
3.      Dokumen
Meneliti dan menyusun dokumen PT. Dewa Rencana Perangin-angin Mengenai sistem informasi standarisasi mutu pengiriman CPO.
1.7    Sistematika Penulisan
        Dalam penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini diperlukan langkah-langkah yang sistematis untuk memudahkan dalam perencanaan penulisannya. Secara umum, penulisan laporan praktek kerja lapangan ini terdiri dari lima bab, yaitu :

BAB I   :PENDAHULUAN
Bab ini membahas tentang latar belakang, ruang lingkup, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penyusunan laporan, metodologi pengumpulan data serta sistematika penulisan.
BAB  II  :LANDASAN TEORI
Bab ini berisikan tentang pengertian sistem, informasi dan, pengertian lainnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan standarisasi mutu pengiriman CPO.
BAB III :GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini berisikan  tentang sejarah berdirinya perusahaan, dan struktur organisasi dalam  PT. Dewa Rencana Perangin-angin.


BAB IV :PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini menguraikan bagaimana paparan dan bagai mana usaha-usaha yang mungkin dilakukan untuk membahas dan mencari solusi dari kelemahan-kelemahan yang ditemukan selama diadakan Praktek Kerja Lapangan(PKL).
BAB  V :KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini membuat kesimpulan dan saran tentang masalah yang dihadapi ataupun kelemahannya dan Menyajikan pengalaman dari penulis setelah melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan).


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1        Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh dari penulisan praktek kerja lapangan di PT. Dewa Rencana Perangin-angin adalah sebagai berikut :
1.      Dengan adanya sistem informasi di PT. Dewa Rencana Perangin-angin ini memudahkan dalam standarisasi mutu pengiriman CPO, memperbaiki, menghapus dengan database yang di bangun di sistem informasi ini berupa:
a.       Mempermudahkan dalam proses mutu pengiriman CPO .
b.      Dapat mengatasi tentang mutu CPO yang baik.
c.       Membuat laporan hasil mutu CPO pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin.
2.      Masih kurangnya sarana komputer pada PT. Dewa Rencana Perangin-angin.
5.2      Saran
           Untuk mengatasi semua masalah diatas, maka penulis memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan yaitu :
1.      Untuk dimasa mendatang sebaiknya dilakukan pengembangan sistem baru. karena perkembangan akan kebutuhan sistem informasi sangat cepat, misalnya dilakukan pengembangan dengan menambah sistem standarisasi mutu pengiriman CPO.
2.      Diharapkan sistem ini dikembangkan secara LAN (local area network) agar lebih mudah untuk mengaksesnya.

0 Response to "Laporan Pkl Bab 1 dan 5"

Post a Comment