Cara Memilih Ikan Discus

 ASSALLAMUALAIKUM


Ciri-Ciri Ikan Discus Yang Bagus
Adapun tanda-tanda ikan discus yang bagus (berdasar pada info karyawan senior toko ikan hias serta rekomendasi lain) yaitu : 

  1. Warna kulit cerah, tak berselaput/keluarkan lendir yang terlalu berlebih. 
  2. Sisik ikan bersih/tak mengelupas, tak berbintik putih,  serta sirip bersih, komplit serta seimbang. 
  3. Warna mata bening, tak berselaput atau tak ada bercak putih, serta tak terlampau menonjol ke luar. 
  4. Bentuk badan ideal, tak kurus/tidak tebal, serta menampakan ketebalan pada dahi.  
  5. Insang bagian kiri dan kanan buka serta tutup berbarengan serta teratur. 
  6. Style berenang yang tenang. 
  7. Pattern pada tubuh/sirip umumnya bakal muncul bertahap mulai ukuran ikan 2 inc. // hati-hati apabila ikan memiliki ukuran 2 inc namun pattern-nya telah terang serta relatif penuh, ada kemungkinan ikan di beri pakan yang memiliki kandungan hormon spesifik (konsumen umumnya kecewa sesudah dipelihara, pattern-nya memudar). 
  8. Upayakan beli ikan discus yang memiliki ukuran minimum 2 inc, karena tanda-tanda ikan yang sehat serta bagus telah relatif mudah untuk diidentifikasi, serta relatif lebih tahan terhadap serangan penyakit/parasit. 





Ciri-Ciri Ikan Discus Yang Stress dan Tidak Bagus
Tanda-tanda ikan discus yang stress/sakit/terkena penyakit/dengan cara genetis kurang bagus yaitu : 
  1. Kulit condong hitam, atau garis vertikal/stress bar (jumlahnya 6 – 18 bar) yang mencolok/terlampau terlihat mengisyaratkan ikan discus stress 
  2. Ada bintik putih pada sisik, atau sirip tak komplit/cacat yang mungkin saja diserang fin root. 
  3. Warna mata tak bening, berselaput atau ada bercak putih yang mengisyaratkan ikan discus terkena penyakit. Atau mata terlampau menonjol ke luar yang karena sebab kwalitas air yang jelek hingga ikan discus terjangkit intestinal bakteri yang bisa menyebabkan pop eye (mata terlampau menonjol ke luar). Atau ukuran mata yang terlampau besar dibanding dengan postur keseluruhannya yang mengisyaratkan perkembangan ikan discus terhalang. Atau mata ikan discus yang (condong) hitam mengisyaratkan ada penyakit serta terlampau lama terkontaminasi obat-obatan (disebabkan treatment yangdiscus1 terlampau lama). 
  4. Bentuk badan kurus/tidak tebal, yang mungkin saja dikarenakan oleh kekurangan pakan (discus mogok makan/kalah berkompetisi/pakan tak berkwalitas) atau aspek genetika indukan yang kurang bagus. 
  5. Ikan bernafas dengan satu insang yang mengisyaratkan ikan diserang kutu insang. Atau ikan bernafas terlampau cepat yang mengisyaratkan kekurangan oksigen. 
  6. Ikan lakukan beberapa gerakan aneh atau menggesekan badannya ke benda di sekelilingnya yang mengisyaratkan diserang parasit/kutu/jamur/bakteri baik pada tubuh/sirip atau insang. 
  7. Pattern pada tubuh/sirip yg tidak keluar, atau sirna/tak cerah walau sebenarnya ikan telah memiliki ukuran kian lebih 2, 5 inc yang mengisyaratkan kwalitas ikan discus dengan cara genetis kurang bagus. Warna yang sirna/tak cerah bisa pula karena sebab pemberian pakan yg tidak pas. Ada kemungkinan lain yang mengakibatkan pattern dan warna ikan discus yang kita beli nyatanya memudar/tak cerah sesudah dipelihara walau sebenarnya pakannya telah pas, hal itu mungkin saja lantaran oleh penjualnya ikan discus itu di beri pakan yang memiliki kandungan hormon pencerah warna agar tampak bagus serta menarik pembelinya, walau sebenarnya kwalitas ikan discus itu dengan cara genetis kurang bagus. 
  8. Type ikan discus yang berwarna solid (contoh : marlboro, blue diamond, pigeon) yangmemiliki spot hitam di bagian kepala serta sirip mengisyaratkan dengan cara genetis kwalitas indukan yg kurang bagus yang memanglah telah mempunyai spot hitam pada awal mulanya. Namun spot hitam itu mungkin saja juga karena sebab pemakaian lampu dengan intensitas spektrum warna merah yang terlalu berlebih (contoh : pemakaian lampu UV).
 Terima kasih
WASSALAM

0 Response to "Cara Memilih Ikan Discus"

Post a Comment